Powered By

emperordeva

Powered by Blogger

Senin, Maret 16, 2009

Taksi Atau Taxi

Taksi atau Taxi adalah angkutan umum yang menggunakan mobil untuk mengangkut penumpangnya. Mungkin anda sering naik Taksi / Taxi? kendaraan ini merupakan kendaraan yang paling nyaman dibandingkan kendaraan umum lainnya seperti Angkot, Bemo, Bajai, Bis / Bus, Oplet, Ojek, Bus way, Kereta Api, Dokar, Mini Bus, Ojek Sepeda, dan Becak Karena Taksi / Taxi menawarkan Fasilitas yang wah untuk ukuran masyarakat biasa namun sepadan dengan fasilitas yang didapatkan...





Berdasarkan Jenis Taksi / Taxi dibedakan menjadi 3 (Tiga) jenis Taksi / Taxi pada saat ini yaitu :
1. Taksi / Taxi Motor (kendaraan Motor yang memuat 1 orang penumpang)
2. Taksi / Taxi Reguler (Dengan disain Mobil Sedan yang bisa memuat 4 orang)
3. Taksi / Taxi Premium (Dengan disain Mobil Jeep yang bisa memuat 6 atau 8 orang)

Tarif taksi dihitung melalui Tiga cara:

* menggunakan argometer - dihitung secara otomatis tergantung jumlah jarak yang ditempuh
* berdasarkan kesepakatan - penumpang dan pengemudi menyepakati tarif sebelum (kadang bisa juga sesudah) perjalanan
* Berdasarkan Tarif yang sudah ditentukan oleh Perusahaan Taksi / Taxi seperti Harga Saat dibukakan pintu Untuk Taksi / Taxi Premium Rp. 50.000 dan Rp. 10.000 perkilo meter, Taksi / Taxi Reguler Rp. 10.000 dan Rp. 5.000 Perkilo meter, Taksi / Taxi Motor Rp. 5.000 dan Rp. 1.000 perkilo meter(Catatan : Berdasarkan Informasi Terakhir dan harga sangat berbeda - beda pada setiap daerah dan setiap perusahaan Taksi /Taxi di seluruh indonesia)


Dibawah ini adalah Contoh Kendaraan Taxi Permium yang juga dilengkapi banyak fasilitas salah satunya TV, GPS, Debit Card sehingga bisa menggunakan kartu kredit untuk membayarnya tanpa perlu menggunakan uang tunai, ada juga yang memberikan fasilitas tempat berinternet didalam Taksi / Taxi dan juga tempat untuk melakukan Meeting / Rapat didalam Taksi / Taxi
Lokasi mangkal biasanya di Hotel, Kantor - kantor Perusahaan besar dan Tempat Pariwisata yang terpisang dari tempat mangkal Taksi / Taxi Reguler




Dibawah ini adalah foto Taksi / Taxi pada umumnya yang sering kalian lihat dijalan - jalan yaitu Taksi / Taxi Reguler yang sudah pastinya anda tahu fasilitasnya apa saja seperti AC mobil, tempat nyaman dan lain sebagainya...



Dibawah ini salah satu contoh Taksi / Taxi Motor agak mirip dengan kendaran OJEK hanya saja disini pengemudi menggunakan Rompi khusus bukan jaket yang sering dingunakan para tukang ojek dan biasanya pada motor ada pelindung angin dan nama perusahaannya, dan bisa dipesan untuk menjemput kita dimana saja dan tentu saja ongkosnya lebih mahal dibandingkan kita ngojek




Perbedaan utama antara Taksi / Taxi dengan angkutan umum darat yang modern lainnya seperti bus terletak pada jumlah penumpangnya. Menggunakan mobil, taksi hanya dapat memuat sekitar 1 - 8 penumpang di dalamnya, dan penumpangnya tersebut biasanya berada dalam satu kelompok khususnya pada Taksi / Taxi di Negara Indonesia klo dinegara lainnya seperti di Colombia, Englis, Mexico, Amerika, Australia dan lain - lain Penumpangnya bisanya tidak saling mengenal karena supir Taksi / Taxi hanya mengambil penumpang yang satu arah dengan penumpang yang pertama jadi kalo kita Menumpang Taksi / Taxi diluar negeri kita tidak akan mendapatkan kenyamanan Privasi seperti yang kita rasakan di Indonesia Terkecuali anda memesan Taksi / Taxi Premium yang harganya so pasti mahal (Yah harganya sih 2x Lipat dengan harga Taksi / Taxi Reguler).


Di indonesia sendiri Kasus Pencurian atau perampokan yang terjadi pada Supir dan Penumpang Taksi / Taxi sangatlah tinggi dimana sering dilakukan oleh para penumpang dan para supir Taksi / Taxi itu sendiri...

berikut Tips untuk menghindari Perampokan Oleh Supir Taksi / Taxi yaitu :

1. Mengecek bagasi belakang Mobil Taksi / Taxi walaupun tidak menaruh barang di sana hal ini untuk berjaga - jaga karena tidak sedikit Supir Taksi / Taxi berkomplot dengan pihak ketiga yang biasanya bersembunyi didalam bagasi belakang..

2. Mengingat (jika ingatan kuat) atau mencatat Nomor Plat Polisi Taksi / Taxi (klo dibali lebih dikenal dengan nama DK Mobil atau DK Motor)

3. Mengingat atau mencatat Perusahaan pemilik Taksi / Taksi kedua hal ini dilakukan untuk berjaga - jaga seandainya terjadi perampokan di dalam Taxi yang dilakukan supir Taksi / Taxi, sehingga bisa dengan segera pelakunya tertangkap..

4. Jangan mengunakan perhiasan berlebihan hal ini dimaksudkan agar tidak adanya keinginan untuk merampok (seperti kucing diberi ikan ya pasti bakal disikatkan?)

5. Perhatikan Rute atau jalan yang dilalui jangan sampai kearah yang tidak kita inginkan jika berubah tanyakan pada supir dan bila menjawab Contoh : "Ah ini jalan pintas" atau "Tenang saja" segeralah meminta untuk kembali kejalan semula bila tidak dipatuhi segeralah turun...

6. Ingat nama dan wajah supir Taksi / Taxi

7. Selalu waspada


Tips untuk Menghindari Perampokan oleh Penumpang Taksi / Taxi yaitu
ini untuk para supir Taksi / Taxi

1. Jangan mengambil Resiko mencari penumpang pada malam hari

2. Berbicara sopan kepada Penumpang apa bila dia adalah perampok minimal anda tidak dibunuh..

3. Hindari Penumpang yang naik dijalur sepi

4. Jangan melewati jalur sepi

5. Sembunyikan Uang besar di suatu tempat (bukan di kotak uang didalam taksi / Taxi) untuk meminimalis kerugian perampokan.

6. Selalu waspada dengan gerak gerik penumpang

7. Berhati - hatilah dalam mengemudi

8. Pererat hubungan antar sopir Taksi / Taxi karean merekalah penolong disaat genting

9. Selalu berkoordinasi selama perjalanan agar nyali perampok ciut

10. Jika anda mengalami perampokan mengebutlah dengan kecepatan tinggi agar menurunkan mental permampok dan mengindari anda dibunuh bila anda dibunuh maka besar kemungkinan perampok juga bakal ikut mati (yang poin no 10 ini adalah tidakan nekat jadi tidak direkomendasikan oleh kami)



By : Deva, Remi, Rinayanti dan Black Smith

Artikel Yang Berhubungan



11 komentar:

sepur mengatakan...

tips menarik.
terutama bagi yang suka naik taxi.
salam kenal.

bisnisway mengatakan...

keren infonya keren banget...sangat informatif....

Bisnisku rurihuriah mengatakan...

hei add akyu ya, thanks

L The Lionheart mengatakan...

@ sepur : Terima kasih, dan salam kenal juga....

@ Bisnisway : Terima kasih banyak....

@ Bisnisku rurihuriah : ya langsung tak add hehe....

Maya mengatakan...

waah lengkap bgt nih bahasannya, great info terutama buat pr pengguna taksi (termasuk sy).
thx buddy ;)

Macmi mengatakan...

berbeza ya dari taxi di malaysia..

nenoneno mengatakan...

wow, btw kenapa nulis soal taksi ni? ada yg bisnis taksi ya hayo? hehehe.. :P nice article. :)

RIP666 mengatakan...

hehehe...aku br skali naek taxi...

L The Lionheart mengatakan...

@ Maya : Terima kasih...

@ Macmi : Ya, emang berbeda hehe...

@ nenoneno : Engk da kok, cuman iseng karena sering lihat perampokan taksi di TV aja hehe...
Terima kasih...

@ RiP666 : Waou masak, kalo g tu jd pengalaman menarik ya hehe...

bisnisway mengatakan...

taxi motor idolaku.....komen lagi ahhhhh...

L The Lionheart mengatakan...

@ bisnisway : sering naik taxi motor ya?
terima kasih...

Poskan Komentar

Kami Mohon kesediaannya anda untuk memberi komentar, Terima Kasih

 
web tracker