Powered By

emperordeva

Powered by Blogger

Senin, Agustus 04, 2008

Fakultas Ilmu Agama Unhi KKL di Jawa Tengah

Denpasar (Bali Post) -
Fakultas Ilmu Agama (FIA) Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar kembali melaksanakan kuliah kerja lapangan (KKL) ke kantong-kantong umat Hindu di tanah Jawa. Kali ini mahasiswa FIA Unhi diterjunkan ke Dusun Dumping Desa Anggras Manis Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sebelumnya, FIA Unhi yang terakreditasi A itu sempat melaksanakan KKL di sejumlah desa di Jawa Timur.

Para mahasiswa FIA tersebut Jumat (13/6) sore kemarin dilepas menuju lokasi KKL oleh Wakil Dekan I FIA Unhi Drs. I Gusti Bagus Wirawan, M.Si. mewakili Dekan FIA Unhi Drs. Wayan Suka Yasa, M.Si. Pelepasan itu diawali dengan persembahyangan bersama di Pura Mahawidya Mandira Unhi di-puput pemangku pura setempat Drs. IB Alit Wismara, M.Si. Setelah dilepas, rombongan yang dipimpin langsung Wakil Dekan I Drs. I Gusti Bagus Wirawan, M.Si. dan dosen FIA Drs. Putu Sarjana, M.Si. itu menuju Pura Gunung Bromo guna melakukan persembahyangan. Dari situ rombongan menuju lokasi KKL, Dusun Dumping, Karanganyar, Jateng.

Wakil Dekan I FIA Gusti Bagus Wirawan didampingi Putu Sarjana mengatakan, KKL kali ini diikuti 74 mahasiswa dan didampingi lima dosen pembimbing. Kegiatan ini berlangsung hingga 18 Juni mendatang. Selain diisi dharma tula dan dharma wacana, dalam KKL yang memiliki bobot 2 SKS itu mahasiswa dapat menggali banyak hal tentang ke-Hindu-an dan keberadaan umat Hindu di tanah Jawa. Dengan demikian, para mahasiswa mendapat wawasan lebih tentang Hindu di luar Bali, termasuk budaya dan kearifan lokal umat setempat.

Melalui KKL ini para mahasiswa, diharapkan dapat memahami tentang budaya umat setempat, sistem pewarisannya, tingkat pendidikan formalnya, di samping memberikan pencerahan agama. Namun, pencerahan agama Hindu yang diberikan bukanlah mem-Bali-kan Hindu di sana, melainkan untuk lebih meningkatkan sradha dan bakti umat.

'Dari kegiatan KKL ini para mahasiswa dapat mengetahui keadaan sebenarnya umat Hindu di luar Bali. Data itu nantinya diharapkan bisa dijadikan semacam masukan bagi Unhi sendiri dan instansi terkait,' ujar Gusti Bagus Wirawan. (08/*)

http://www.balipost.co.id/mediadetail.php?module=detailberita&kid=10&id=801
Sabtu, 14 Juni 2008 | BP

Artikel Yang Berhubungan



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Kami Mohon kesediaannya anda untuk memberi komentar, Terima Kasih

 
web tracker