Powered By

emperordeva

Powered by Blogger

Senin, Juli 07, 2008

Seminar Fakultas Teknik UNHI


Menyambut Ulang Tahun Fakultas Teknik ke XV, fakultas teknik mengadakan seminar regional pada hari senin 7 juli 2008 yang bertemakan Strategi Pemilihan Material dan Metode Rekayasa Kontruksi Kajian Strategi Pemilihan Arsitektur dan Manajement seminar ini bertujuan mengkaji kelemahan dan keunggulan dari Metode Rekayasa Kontruksi dan pemilihan material selain itu seminar ini bertujuan untuk meperingati kebangkitan Faklutas Teknik





Ini adalah foto pada saat Wakil rektor 1 memberikan sambutan untuk membuka acara seminar








Dekan Fakultas Teknik pada saat memberikan sambuatan










FT Unhi Gelar Seminar Regiona
Strategi Pemilihan Bahan dan Metode Rekayasa Konstruksi
Denpasar (Bali Post)
Fakultas Teknik Universitas Hindu Indonesia (FT Unhi) menggelar Seminar Regional 'Strategi Pemilihan Material Hasil Rekayasa Konstruksi, Kajian Struktur, Arsitektur dan Manajemen' di aula kampus Unhi, Senin (7/7) kemarin. Seminar serangkaian memperingati 15 Tahun FT Unhi itu menghadirkan pembicara Dr. Ir. Tjokorda Raka Sukawati, IPM., Ir. Cokorda Artha Ardhana Sukawati, M.Si. (Bupati Gianyar) dan Dr. Ir. I Made Alit Karyawan Salain, DEA, IP.Md. Kegiatan yang dipandu I Gede Putu Agus Wistana Putra, M.T. itu dibuka Wakil Rektor I Unhi IB Dharmika, M.A.

Dekan Fakultas Teknik Unhi I Wayan Muka, S.T., M.T. mengatakan melalui seminar ini diharapkan terbangun pemahaman yang baik tentang penggunaan material dan metode hasil rekayasa konstruksi. Dengan demikian dalam memanfaatkan sumber-sumber daya alam dapat dilakukan dengan baik, amam dan tidak menimbulkan efek bagi lingkungan dan budaya Bali.

'Seiring dengan perkembangan dan kemajuan teknologi di bidang konstruksi, saat ini telah diciptakan berbagai inovasi, baik dalam hal material konstruksi maupun metode pelaksanaannya. Hal ini perlu dikaji secara mendalam mengingat keunggulan dan kekurangan hasil rekayasa konstruksi tak selalu diukur dari segi biaya, mutu dan waktu, tetapi seharusnya dikaji dari sisi budaya khususnya Bali,' ujarnya.

Karena itu, FT Unhi mencoba menciptakan sebuah identitas, salah satunya dengan melakukan penyusunan kurikulum yang berbasiskan nilai-niali kearifan lokal. Dengan demikian nantinya lahir sarjana teknik yang dapat melahirkan karya yang selalu berpedoman pada nilai-niai dan simbol-simbol budaya lokal.

Cokorda Raka Sukawati mengatakan awal penggunaan material dalam arsitektur dan konstruksi adalah karena perkembangan budaya. Konstruksi terus berkembang, sementara material alam makin lama makin susah didapat. Karena itu para ahli perlu memikirkan kekuatan dan keindahan bangunan tradisional dalam penggunaan material rekayasa industri dengan teknologi maju.

Cokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengatakan dalam memilih material bangunan tetap harus berpedoman pada persyaratan arsitektur pada umumnya, yaitu memenuhi fungsi, struktur (konstruksi) yang kuat dan keindahan. Bangunan industri tentu saja sangat mementingkan efisiensi, sehingga estetika tak perlu berlebihan. Sebaliknya untuk bangunan yang bersifat monumental dan kebanggaan, perlu mendapatkan perhatian lebih dalam sisi estetika. Karena itu ketersediaan material lokal menjadi pertimbangan. Artinya, sumber-sumber alam harus tetap dibatasi untuk tidak dieksploitasi habis-habisan, melainkan harus tetap memperhatikan kelestarian alam.

Sementara itu, Made Alit Karyawan Salain memaparkan tentang strategi memilih material struktur dan pengembangan beton ramah lingkungan. (08/*)

sumber : http://www.balipost.co.id/mediadetail.php?module=detailberitaindex&id=1813







ini adalah para peserta dalam seminar begitu banyaknya peserta sehingga semua parkir penuh










inilah keadaan parkir yang penuh sehingga tidak ada cukup tempat parkir untuk peserta












Foto ini adalah Sebagian Dari para Panitia yang bertugas dalam seminar ini












Ini pada saat Pengundian Hadiah Door Price setelah seminar dari Faklutas Teknik dalam rangka Menyambut HUT Faklutas Teknik











ini pada saat pemberian hadiah bagi masing - masing pemenang door pirce pada saat akhir seminar Fakultas Teknik











Ini pada saat pengambilan Nasi oleh peserta seminar belum ada sepuluh menit udah habis seperti dalam foto disamping











ini pada saat pengambilan strefikat seminar semuanya tampak berebut untuk mengambil karena keterbatasan tapi kayaknya cukup loh











Ada juga sambil bawa nasi ngabil strefikat emang ingin sekalian kali


Artikel Yang Berhubungan



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Kami Mohon kesediaannya anda untuk memberi komentar, Terima Kasih

 
web tracker