Powered By

emperordeva

Powered by Blogger

Selasa, April 01, 2008

TIPS MERENCANAKAN ULANG TAHUN

PESTA ULANG TAHUN
Mungkin Anda heran, apa perlu sih pesta ulang tahun pakai direncanakan anggarannya segala. Bukankah dengan membuat makanan dalam jumlah banyak, membeli banyak kue dan menyewa banyak kursi, juga sudah cukup? Jangan salah Bapak, Ibu. Anggaran untuk pesta ulang tahun tetap harus direncanakan matang. Karena kalau Anda tidak hati-hati, bisa saja pengeluaran Anda jebol untuk membayar pos-pos yang belum tentu Anda butuhkan.

Misalnya saja, ada contoh di mana seorang mengadakan pesta ulang tahun dan sudah keluar banyak uang untuk makanan. Eh, ternyata makanan yang disediakan banyak tersisa. Sayang uangnya,Untuk menghindari hal-hal seperti itu, berikut ini saya berikan tips tentang cara menyusun anggaran pesta ulang tahun. Entah itu ulang tahun Anda sendiri, atau mungkin pesta untuk anak Anda yang masih kecil.





Langkah 1: "Tentukan siapa saja yang akan diundang dan berapa jumlahnya"

Hal pertama yang harus Andalakukan adalah dengan menentukan siapa saja yang akan datang ke pesta ulang tahun Anda. Biasanya sih, kalau yang berulang tahun itu Anda, mungkin saja Anda akan mengundang tetangga-tetangga, teman serta saudara-saudara Anda. Kalau yang berulang tahun itu anak Anda yang masih berusia 5 tahun, mungkin Anda akan mengundang teman-teman sekolahnya di TK.
Setelah itu - ini yang paling penting - adalah membuat perkiraan tentang jumlah hadirin. Apakah 20 orang? 50 orang? Atau mungkin 100 orang? Atau, Anda mungkin akan mengadakan pesta ulang tahun sederhana dengan undangan sekitar 10 orang saja? Perkiraan jumlah tersebut akan sangat menentukan besar kecilnya rupiah yang harus Anda keluarkan nantinya.


Langkah 2: "Tentukan di mana Anda akan mengadakan pesta tersebut"

Setelah Anda mengetahui siapa saja yang akan Anda undang dan berapa perkiraan jumlahnya, hal kedua yang harus Anda lakukan adalah dengan menentukan di mana Anda akan mengadakan pesta ulang tahun tersebut.
Bicara soal tempat, sebetulnya ada banyak tempat yang bisa Anda pilih untuk mengadakan pesta tersebut, salah satunya adalah di restoran favorit Anda. Tapi bicara soal harga, maka tempat paling murah yang bisa Anda pilih adalah di rumah Anda sendiri.
Mengadakan pesta di rumah, selain murah, biasanya Anda juga bisa lebih leluasa dalam mengatur agar pesta tersebut menjadi lebih meriah. Anda toh tinggal di situ, jadi ada hal yang Anda rasa belum beres, Anda bisa keluar dari kamar dan langsung membereskan ketidakberesan tersebut. Cuma ya itu, Anda harus siap dengan segala kerepotan yang mungkin ditimbulkan setelah acara. Seperti bersih-bersih rumah misalnya. Tapi, Anda mau pesta yang murah meriahkan


Langkah 3: "Tentukan peralatan apa saja yang akan Anda gunakan"
Kalau orang yang Anda undang cukup banyak, coba lihat apakah Anda juga membutuhkan kursi tambahan? beberapa tempat yang menyewakan kursi untuk acara-acara ulang tahun atau pernikahan. Jumlah yang Anda bayar biasanya disesuaikan dengan jumlah kursi yang Anda sewa, di mana tarif sewanya biasanya dihitung per kursi.Sebagai alternatif, bisa juga Anda tidak memakai kursi, tapi cukup dengan menggelar karpet. Karpet umumnya lebih menimbulkan suasana santai. Tamu-tamu Anda bisa lebih relaks nantinya. Selain itu, juga lebih murah dibanding kalau Anda menyewa kursi. Yang penting, pastikan untuk membersihkan dulu debu di karpet Anda sebelum digunakan. Jangan sampai tamu Anda nanti malah bersin-bersin karena kemasukan debu karpet Anda.
Selain kursi, pikirkan juga apakah Anda perlu menggunakan peralatan sound system. Yang pertama adalah mikrofon. Ini biasanya perlu kalau tamu-tamu yang datang tidak difokuskan untuk duduk di satu ruangan tertentu, tapi menyebar ke ruangan lain. Sebagai contoh, saya pernah melihat ada acara ulang tahun di mana tamu-tamunya duduk di ruang keluarga, ruang tamu, serta di garasi. Dengan adanya mikrofon, maka tamu-tamu Anda bisa mengetahui sampai di mana "perkembangan" acara Anda walaupun ia duduk di ruangan yang jauh dari Anda.
Selain itu, biasanya loud speaker yang menempel pada mikrofon bisa juga Anda pakai untuk memutar kaset. Yah, siapa tahu peserta acara Anda butuh musik untuk hiburan guna menemani mereka ketika makan-makan.


Langkah 4: "Pilih makanan yang akan Anda sajikan"

Apa makanan yang akan Anda sajikan? Apakah makanan tersebut harus spesifik dari satu atau dua jenis makanan tertentu? Ataukah Anda akan menyajikan banyak sekali jenis makanan, hingga
­ mencapai 7 variasi makanan? Perhatikan bahwa ­MERENCANAKAN bagi tamu Anda - penyajian dari banyak jenis makanan biasanya tidak akan jauh berbeda dengan kalau Anda menyajikan ­ misalnya - 3 variasi makanan saja. Dan alternatif sebanyak 3 variasi makanan bagi sebagian besar orang sudah cukup menimbulkan kesan "banyak". Tidak perlu hingga 7 variasi makanan, 6 atau bahkan 5.




Langkah 5: "Pilih kue-kue kecil dan minuman yang akan Anda sajikan"

Nah, kalau kue-kue, bolehlah Anda sajikan dalam jumlahyang agak banyak. Ini karena kue umumnya akan terus menerus disantap selama pesta, beda dengan makanan yang mungkin hanya akan dimakan dalam jangka waktu 20 menit saja. Nah, bayangkan kalau pesta Anda berlangsung selama 3 jam. Duapuluh menit di antaranya diisi dengan acara makan, sedangkan sisanya akan diisi dengan menyemil kue-kue yang disajikan.
Seberapa banyak variasi kue yang sebaiknya Anda sajikan? Tiga atau empat macam variasi kue kecil cukuplah untuk teman ngobrol para tamu.Ada banyak pilihan kue-kue basah yang bentuknya cantik dan lezat, harganya pun cukup murah, terlebih jika Anda mau pergi pagi-pagi ke pasar basah. Bisa lebih murah bila Anda mau berepot-repot membuatnya sendiri.
Selain kue-kue, minuman juga dapat dijadikan variasi dalam menjamu tamu. Koktil buah dapat menjadi salah satu alternatif yang terhitung cukup murah bila Anda membuatnya sendiri. Tentunya selain minuman standar, yaitu air putih dan teh atau sirup.

Nah, Bapak, Ibu, mudah-mudahan setelah ini Anda bisa menyusun anggaran pesta ulang tahun dengan lebih bijak. Jangan lupa undang saya.

Artikel Yang Berhubungan



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Kami Mohon kesediaannya anda untuk memberi komentar, Terima Kasih

 
web tracker